---"Welcome To My Blog"---

Cara Rooting Smartphone Samsung Galaxy: MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar pada diri manusia. Setiap individu memiliki sifat ini, ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menuntut kepedulian & tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan tanggung jawab setiap individu berbeda-beda.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.


Macam-macam Tanggung Jawab
Tanggung jawab terbagi menjadi 5 jenis, yaitu:
 1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Menurut sifat dasarnya manusia adalah makhluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, dan angan-angan sendiri.

 2. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil, keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.

 3. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan orang lain maka manusia harus saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga dengan demikian manusia merupakan anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam bermasyarakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku & perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

 4. Tanggung Jawab Kepada Bangsa dan Negara
Suatu kenyataan lagi bahwa tiap individu manusia adalah warga negara suatu negaara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.

 5. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya. Manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan, sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.


Tanggung jawab adalah sifat terpenting yang dimiliki oleh manusia. Tanggung jawab dapat mencerminkan sikap kepribadian seseorang itu, apakah dia seseorang yang dapat di percaya atau tidak. Jika tidak memiliki rasa atau sifat tanggung jawab maka orang itu tidak akan dipercayai oleh orang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Cara Rooting Smartphone Samsung Galaxy Urang-kurai