---"Welcome To My Blog"---

Cara Rooting Smartphone Samsung Galaxy: Manusia dan Keindahan

Manusia dan Keindahan


Manusia adalah makhluk ciptaan ALLAH SWT yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya, karena manusia mempunyai akal dan pikiran untuk berfikir secara logis dan dinamis, dan bisa membatasi diri dengan perbuatan yang tidak dilakukan, dan kita pun bisa memilih perbuatan mana yang baik (positif) atau buruk (negatif) buat diri kita sendiri. Selain itu dapat diartikan manusia secara umum adalah manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial.
Keindahan adalah sesuatu yang enak untuk di lihat, keindahan dapat dirasakan oleh semua orang. Keindahan dapat memberikan kegembiraan hati. Jika kita melihat sesuatu yang baik & enak untuk dipandang maka itulah yang dinamakan keindahan. Dengan merasakan keindahan, timbullah rasa kepuasan dalam diri manusia, dan menyenangkan hati.
Keindahan, sering diutarakan kepada situasi tertentu, arti kata keindahan yaitu berasal dari kata Indah yang berarti bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran, keindahan adalah kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Keindahan bersifat universal yaitu tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu, tempat atau daerah, bersifat menyeluruh.
Segala sesuatu yang mempunyai sifat indah antara lain segala hasil seni, pemandangan alam, manusia dengan segala anggota tubuhnya dan lain sebagainya. Keindahan dalam arti luas meliputi keindahan pada hasil seni, alam, moral, dan intelektual. Dan keindahan alam dalam arti estetik mencakup pengalaman estetik seseorang dalam hubungannya. Sedangkan keindahan dalam arti terbatas sangat berkaitan dengan keindahan bentuk & warna.
Ada 2 nilai penting dalam keindahan, yaitu:
1.      1. Nilai Ekstrinsik yaitu nilai yang sifatnya sebagai alat pembantu untuk sesuatu hal, contohnya tarian yang           disebut halus & kasar.
2.      2. Nilai Intrinsik yaitu sifat baik yang terkandung di dalam atau apa yang merupakan tujuan dari sifat baik           tersebut, contohnya pesan yang akan disampaikan dalam suatu tarian.

Hubungan Manusia & Keindahan
Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga kita perlu melestarikan bentuk dari keindahan yang telah dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan) yang nantinya dapat menjadi bagian dari suatu kebudayaan yang dapat dibanggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, dimanapun kapan pun dan siapa pun saja dapat menikmatik keindahan.
Hubungan manusia & keindahan adalah karena manusia memiliki 5 komponen yang secara otomatis dimiliki ketika manusia tersebut dilahirkan. Ke-5 komponen tersebut yaitu nafsu, akal, hati, roh, dan sirri (rahasia ilahi). Dengan akal, manusia memilki keinginan-keinginan yang menyenagkan dalamruang renungnya, dengan akal pikiran manusia melakukan kontemplasi komprehensif guna mencari nilai-nilai, makna, manfaat, dan tujuan dari suatu penciptaan yang endingnya pada kepuasan, dimana kepuasan itu juga merupakan sebagai salah satu indikator keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Cara Rooting Smartphone Samsung Galaxy Urang-kurai